Loading...

negentropi, suatu negasi terhadap keberantakan

beberapa minggu terakhir, entropi kehidupan cenderung meningkat. molekul-molekul tantangan bergerak sangat aktif dengan energi maksimum ke dalam sistem kehidupan acakku.

beberapa sub-sistim hidup mulai dikuasai. benturan-benturan antara molekul itu menyebabkan banyak energi yang menyebabkan panas terhadap sub-sistem. peningkatan temperature ini secara termodinamis membuat sub-sistim kehidupan mulai berangsur-angsur mempengaruhi sub-sistem lainnya, baik internal maupun eksternal.

hal ini bisa akan tereskalasi terus jika dibiarkan. saya perlu negentropi, sekarang!. tidak ada cara lain. untungnya memang hari ini adalah waktuyang tepat untuk memulainya, walaupun bagian terkecil dari sedemikian banyaknya ketersediaan negentropi di semesta ini.

memang benar bahwa dalam konteks individu acak di alam semesta ini, pemilik sistim atau sub-sistem diberikan hak penuh untuk memilih. apakah akan membiarkan entropi meningkat tidak terbatas atau mengambil langkah walau hanya dengan negentropi kecil dan terus melangkah.

negentropi, ia tergantung kepada pilihanku, bukan pilihan orang lain. negentropi, ketersediaannya sangat banyak di semesta. tinggal petik dan nikmati. niscaya peningkatan entropi tidak perlu berkelanjutan yang akan mengarah kepada ketidakteraturan atau berantakan.

say hello to negentropi.

By | 2017-07-01T13:24:59+00:00 June 14th, 2017|renungan|Comments Off on negentropi, suatu negasi terhadap keberantakan
%d bloggers like this: